Enam Cara Menghabiskan Waktu di Banda Aceh

Bagi kebanyakan orang, libur panjang akan dimanfaatkan untuk pergi ke luar kota. bepergian ke tempat lain untuk bisa menikmati suasana baru dan juga menjauhkan penat. Tapi tidak semua orang beruntung bisa merencanakan liburan yang mereka inginkan. Sebut saja anak kuliah, mereka pasti masih harus tinggal di daerah mereka sampai liburan usai, padahal sebentar lagi libur tahun baru menyambut kita semua.

Tapi tidak perlu takut, ada banyak tempat di Banda Aceh yang bisa dikunjungi saat sedang liburan. Mungkin tempat-tempat ini bisa menjadi contekan dan inspirasi untuk menghabiskan waktu di kuta raja.

1.Mengunjungi Tempat Wisata Tsunami

Tsunami memang pernah meluluhlantakkan Aceh, khususnya Kota Banda Aceh. Hampir semua infrastruktur di kota ini lumpuh saat bencana alam 2004 silam. Bagi Anda yang ingin menyaksikan kembali tragedi tersebut, Museum Tsunami menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Bangunan yang didesain oleh M. Ridwan Kamil ini dibangun untuk mengenang gempa dan tsunami Aceh tahun 2004 lalu. Dalam bangunan berbentuk kapal ini, Anda bisa menyaksikan bagaimana peristiwa dahsyat itu terjadi.

Tentunya lewat film yang diputar di ruang audio visual serta foto-foto yang dipajang di dalam museum. Selain itu, ada juga bisa melihat miniatur tsunami yang menggambarkan keadaan sesudah gempa hingga tsunami terjadi.

Tidak hanya Museum Tsunami, Anda juga bisa berkunjung ke kapal PLTD Apung di kawasan Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. Demikian pula dengan Kapal di Atas Rumah di kawasan Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Dua objek wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar Aceh.

2.Bersepeda di Jalan Kota

Menelusuri kota Banda Aceh dengan sepeda juga menjadi pilihan yang menyenangkan. Selain membuat tubuh lebih bugar dan sehat, Anda juga mempunyai waktu lebih untuk menikmati tiap inci kota ini.

Terlebih saat akhir pekan, para pengendara sepeda akan lebih leluasa untuk gowes dan jalan-jalan di area Car Free Day pada pagi hari di sepanjang ruas jalan T. Daud Beureueh hingga bundaran simpang lima. Selain terhindar dari polusi kendaraan bermotor, anda juga akan bertemu denan komunitas-komunitas sepeda lainnya di sini.

3. Hunting Foto di Tengah Kota

Kelap-kelip lampu jalanan tentunya mlimabah keindahan malam kota Banda Aceh. Tidak ada salahnya jika Andapun turut merekam keindahan dan warna malam kota ‘Iskandar Muda’ ini.

Ada banyak spot yang tentu tidak boleh dilewatkan dari jepretan kamera Anda. Objek foto seperti Jembatan Pante Pirak, Mesjid Raya Baiturrahman, Balai Kota Banda Aceh, Bundaran Simpang Lima, Jembatan Pangoe, dan lainnya bisa menjadi tempat pilihan Anda.

Untuk ini, datanglah bersama teman-teman Anda. Tentunya mengabadikan keindahan malam bersama akan lebih menyenangkan dan seru! Namun jangan lupa untuk memastikan kendaraan Anda terparkir dengan benar dan aman.

4.Mengunjungi Hutan Kota Banda Aceh

Hutan kota juga bisa menjadi salah satu tempat untuk menghabiskan waktu di Banda Aceh. Selain bisa menghirup udara segar dan jauh dari polusi, Anda juga bisa mengenal berbagai tanaman yang ada di sana. Setiap tanaman yang ada di hutan kota diberikan label dengan menggunakan nama Ilmiah maupun nama yang biasa dikenal.

Bagi yang ingin berolahraga, taman kota yang teletak di kawasan Tibang ini juga menyediakan sarana olahraga berupa jalan setapak sepanjang satu kilometer yang biasa dipakai jogging. Sarana lain seperti basket dan lapangan futsal juga disedikan di sini.

Bukan hanya itu saja, para pengunjung bisa menelusuri jembatan kayu yang panjangnya lebih kurang satu kilometer. Jembatan yang dibangun diatas tambak bakau tersebut mempunyai kontruksi yang kuat dan jalan yang berliku. Meskipun demikian tidak perlu ragu untuk menelusuri jembatan Tambak Bakau tersebut.

Jangan lupa mengabadikan diri Anda di sana! Jembatan yang dikelilingi oleh pohon bakau itu menjadi salah satu spot foto yang paling diminati oleh pengunjung. Jadi, jangan lupa siapkan kamera saat berkunjung ke sini.

5.Wisata Kuliner di Peunayong

Puas berkeliling kota Banda Aceh, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang ada di sini. Peunayong bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengisi perut.

Rex peunayong yang terletak di Jalan Ahmad Yani merupakan pusat kuliner di kawasan pecinaan Banda Aceh ini. Ada beragam pilihan menu makanan yang tersedia di sini seperti Sate Matang, Martabak, dan lainnya. Tiap malamnya, banyak muda-mudi maupun keluarga yang datang ke sini untuk menyantap makan malam.

6. Bermain air di Pantai Lhoknga dan Lampuuk

Nah, akhir pekan biasanya banyak warga datang ke pantai ini. Pantai biasanya menjadi salah satu pilihan untuk berlibur. Karena suasana pantai dipadukan dengan gunung, pantai bisa menyegarkan pikiran dan juga bisa menambah energi yang baru.

Banyak mitos mengatakan kalau kita sedang banyak masalah, teriaklah dipinggir pantai. Teriakan itu biasanya akan dibawa oleh angin dan sedikit menghilangkan beban perasaan kita. Di luar itu semua, pantai menjadi kunjungan bagi warga pendatang di luar Banda Aceh

Advertisements

Terima kasih untuk komentar kamu. ☺♥

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s