Hi Student, I am your New Teacher!

Hi Student, I am your new teacher.
Wkwkwkwkwk. Ngak kebayang deh akhirnya kesampaian juga buat bilang kayak gitu.

Tadi pagi, kamis (7/3/2013) itu hari pertama saya masuk kelas untuk ngajar dan perkenalan diri dengan siswa. Ya, saya menangani murid-murid perempuan kelas X-4. Sekolah yang jadi tempat kami praktik ini unik, kelasnya dibagi jadi dua, kelas cewe dan kelas cowo.

Gedung sebelah timur adalah gedung kelas satu. Gedung dua lantai itu dihuni oleh anak kelas satu dan kelas dua. Ditingkat bawah alias lantai satu itu murni kelas cowok. Sedangkan di lantai duanya dihuni kelas cewek.

Gedung baratpun demikian. Gedung yang dihuni anak kelas tiga itu juga dibagi dua. Lantai 1 kelas cowok dan lantai 2 kelas cewek. Seru kan ya? Hahahaha.

Nah, saya mengajar di kelas cewek. Dan tadi adalah hari pertama saya masuk dan memberikan materi pada mereka. Tapi sebenarnya ngak mengajar seluruhnya sih. Karna kelas masih dipegang sama guru pamong. Cuma tadi bapak itu telat masuknya, ngantar anak dulu sekolah katanya, makanya saya yang masuk duluan biar kelas ngak kosong.

Ngak terlalu lama, cuma 10 menit untuk menenangkan kelas. Sambutan mereka, WOW! Kelas langsung ribut-setelah beberapa kali ditenangkan akhirnya mereka diam juga- begitu saya masuk.

“Ibu ganti pak Sule ya?”
“Ibu namanya siapa?”
“Ibu perkenalan lah dulu”

Mirip deh kelas itu kayak pasar. Gaduh sangat lah! Berbekal suara bulat dan besar, saya bisa juga menyuruh -sebagian- mereka untuk diam.

“Coba diam dulu, biar ibu perkenalkan nama ibu. Kalau ngak ada yang duduk, ibu ngak mau kenalan”

tua kali wak geng, panggilnya ibu

Akhirnya mereka diam. Saya jadi bisa memperkenalkan diri dengan baik. Sempat deg-degan juga sih, tapi alhamdulillah semuanya lancar.

“Sampai mana kalian belajar?” saya tanya sama anak-anak pas selesai absen.

“Sampai ulangan buk. Kemaren kami ulangan,” jawab anak yang paling depan. Ngak tau siapa namanya.

Yaelah, iyalah sampai ulangan! Masalahnya ulangannya sampai materi mana

“Ya, materi kalian sampai mana kemarin?” tanyaku lagi.

“Sampai Isomer buk kemarin sama pak sulaiman. Ulangan kami sampai isomer,” jawab yang lainnya.

Akhirnya daripada repot-repot aku minta aja catatannya. Dari situlah keliatan mereka udah belajar sampai mana. Lagi liat-liat catatan murid, guru pamongku masuk. Alhamdulillah ngak ngajar. Hahaha. Akupun mengungsi ke belakang. Soalnya minggu pertama masih observasi, jadi liat dulu gurunya ngajar gimana.

——————-
Tapi namanya juga PPL, pasti diminta bantuan ama pamong. Kali ini, aku bantuin untuk periksa soal ulangan anak-anak. Sementara bapak itu mengajar, aku mencontreng semua hasil kerja 25 siswa.

Siswa kelas X4 pada kreatif semua. Ulangan untuk penamaan senyawa dan bilangan oksidasi yang aku periksa sumpah buat aku ketawa guling-guling.

Contoh:
Tuliskan nama senyawa N2CO3, H2SO4, MnCO3, MnCl!

Tau apa jawaban mereka?
N2CO3 yang harusnya Natrium Nitrit ditulis Dinatrium Carbon Trioksida.

H2SO4 yang terkenal dengan asam sulfat berganti jadi Dihidrogen Sulfat Tetraoksida.

Mn yang harusnya mangan jadi Magnesium. Dan MnCl yang mangan clorida malah jadi Magnesium monoclorida. Hahahaha

Senyum-senyum ajalah saya liatnya. Tapi kalau untuk biloks banyak yang ngak jawab. Kayaknya mereka kurang mengerti tentang cara ngitung bilok. Jadi deh, saya buat les privat pas ditanya kenapa bisa salah jawaban mereka. Hahaha

Contoh: Al2(SO4)3
Yang disuruh cari itu bilok S. Adalah yang dapatnya -18, padahal harusnya itu +6.

Al2(SO4)3
Al, +3*2=+6
O, -2*4*3=-24
S, S*3

Al2(SO4)3=0
+6+(-24)+3S=0
3S-18=0
3S=+18
S=18/3
S=+6

kok jadi blog kimia pulak lagi ya *,*

Terima kasih untuk komentar kamu. ☺♥

