[Minggu ke-6] Laporan Akhir dan Perangkat Pembelajaran

Huaaah… Ngak terasa udah berjalan enam minggu dan ini masuk minggu ke tujuh aku praktik mengajar di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Dan sekarang saatnya pusing untuk mikir masalah laporan akhir dan perangkat pembelajaran yang harus dikumpulkan segera.

Sebenarnya untuk perangkat pembelajaran sendiri, seperti RPP itu saat mau masuk mengajar itu harus dibawa. Karena guru pamong akan menilai kita sesuai dengan RPP tiap KD yang kita mengajar. Bahkan kata kepala sekolahnya, “HARAM mengajar kalau ngak ada perangkat!” Udah pake kata Haram, bukan lagi ngak boleh mengajar. Kalau kata ngak bolehkan ya masih bisa lah kita curi-curi waktu dan tempat untuk mengajar pas jam pelajaran, ini udah pake kata HARAM apa lagi mau dibilang. ckckckck.

Tapi untunglah daku sudah menyelesaikan semua RPP satu semester pas matakuliah Perencanaan semester empat lalu. kalau ngak, kapan mau dibuat lagi coba? Bisa-bisa ngak bakal ngajar-ngajar saya selama PPL cuma karena perangkat yang belum ada. hehehe.

Yang lebih parahnya lagi adalah diriku sudah menyelesaikan perangkat dan sudah ngasih ke pamong, lha giliran guru pamongnya yang ngak pernah ngeliatin saya mengajar. Hiks. Apalah yang mau dinilai nanti dari saya. Orang pamongya cuma datang, terus ngelirik lewat jendela lima menit lalu dia berlalu. Kecuali kelas X-3 yang memang berdiri setengah jam dibelakang ngeliatin saya mengajar (moga itu udah bisa ngenilai kalau saya sudah bisa mengajar di kelas, amiiiin!) karena kelas yang isinya cowok semua itu bandelnya nauzubillah. Ngak bisa disuruh diam dan ngak bisa diatur. Tapi kalau udah pamongku ikutan masuk dan duduk di belakang, mereka udah macam mayat hidup, ngak bisa gerak dan mungkin untuk bernafaspun susah karena takutnya sama pamongku. Kelas yang tadinya macam pasar berubah jadi kuburan.

oke, back to the laptop! Abaikan anak-anak yang perlu diruqyah itu. Banyakan setan daripada manusianya di kelas X-3. Dan sayapun pusing!

Perangkat pembelajaran yang harus diselesaikan adalah RPP, silabus karakter, program semester, program tahunan, jam efektif, pemetaan SK dan KD, dan Nilai KKM Satu semester. Itu buatnya sudah hampir setengah gila dan setengah mampus ngak pake acara tidur malam. Keadaannya mirip-mirip pas matakuliah perencanaan deh pokoknya. Ngak tidur-tidur malam dan paginya musti standby di sekolah, kalau ngak ngajar ya duduk-duduk piket dan bergosip di basecamp favorit, ruang BK!

Marilah doakan saya semoga semuanya sudah selesai sebelum kami dijemput pertengahan bulan Juni nanti. Yah meskipun masih ada waktu satu bulan lagi, tapi dalam dua minggu mendatang pengen banget rasanya semua tugas-tugas ini selesai. Belum lagi ada kerjaan baru untuk ngerekap nilai-nilai siswa-siswaku yang setengah kucintai ini (gimana ngak setngah kucintai mereka ribut melulu, pas ulangan macam orang kebakaran jenggot. -_____-), ada lagi tugas tambahan yakni membuat soal-soal ujian untuk mereka nanti. Nah ini udah kubuat lah soal yang paling mudah. Kalau ngak bisa juga, masya Allah jangan salahkan aku ya nak!

see ya in other post, Love

sinyaak

Advertisements

2 thoughts on “[Minggu ke-6] Laporan Akhir dan Perangkat Pembelajaran

Terima kasih untuk komentar kamu. ☺♥

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s