Titik Awal

Hidup saya dimulai ketika ibu melambaikan tangan melepas saya pergi dari rumah. Kalau kamu? -Abi, Hello Goodbye-

Hidup aku dimulai ketika aku berani melepas Arya. Iya, nama itu lagi. Mungkin tidak bosan-bosannya aku menulis nama itu. Tapi kali ini aku yakin, bahwa ini cerita terakhir yang akan aku tulis tentang dia, setelah puluhan cerita selama lima tahun ini.

Lima tahun bukan waktu yang singkat untuk kuhabiskan menunggu satu orang. Tapi itu yang aku lakukan. Terdengar bodoh? Mungkin iya. Bahkan sangat bodoh ketika aku pernah tidak menginginkan orang lain menemaniku untuk menjalani hidup. Ketika orang lain berkata jodoh, aku dengan yakinnya mengatakan bahwa Arya jodohku. Padahal untuk semua itu, aku tidak berhak mengaturnya. Tapi itulah yang aku lakukan selama lima tahun terakhir.

Aku baru merasa benar-benar bebas ketika aku berhenti mengejar cinta semua seorang Arya. Cinta yang hanya diriku saja yang menganggap itu cinta. Padahal dengan jelas-jelas dia tidak pernah mengacuhkan aku. Iya, aku berada pada tahap dimana aku harus memulai dari awal. Titik awal hidup aku adalah ketika aku berhenti mencintai Arya.

Mungkin terdengar aneh dan klise, tapi aku benar-benar bisa tersenyum sekarang. Bukan hanya senyum karena kewajiban atau keharusan layaknya pramugari atau custumer service tersenyum pada pelanggan. Tapi senyum dan bahagia yang muncul karena aku tidak harus menanggung beban atau karena aku harus pura-pura menunjukkan bahwa aku tegar padahal aku sakit. Tapi senyum yang ikhlas dari dasar hati yang pulih.

Itulah awal hidup aku, usia 23 tahun, melepas arya, berhenti untuk terjebak dalam kenangan masa lalu yang aku buat sendiri, dan berhenti memeluk bayangan. Titik awal hidup aku untuk bisa bahagia dan benar-benar merasa lega. 

Advertisements

Terima kasih untuk komentar kamu. ☺♥

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s