The Graduate!

Setelah tertunda selama satu semester alias enam bulan, akhirnya bisa juga keluar secara resmi dari kampus tercintah, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, dengan titel S.Sos.I (Sarjana Sosial Islam).  Panjang kan gelarnya? Mau tau aku sarjana sosial di bidang apa? Komunikasi dan Penyiaran Islam, konsentrasi JURNALISTIK!!

IMG_9457 IMG_9766 IMG_9488

Pokoknya jangan ditanyak aja kenapa itu titel kesarjanaan dengan jurusan beda total. Aku juga ngak ngerti kenapa, Kalau istilah anak-anak sekarang, gagal paham! hahahhahhhaha.. Tapi terserahlah dengan gelar yang belum diganti-ganti sejak tahun 80an itu, yang penting sekarang udah sarjana anak gadis mamak satu ini. *mata berkaca-kaca* *pake efek bunga-bunga bermekaran* *pengennya bunga sakura, tapi ada bunga jeumpa boleh juga lah, lebih wangi* *ABAIKAN!!*

Tetap tanggal 13 Agustus 2015, kata orang tanggal sial ini, di ruangan yang (bolehlah disebut) Aula, ada 79 anak manusia dari empat jurusan akhirnya diakui kelulusannya.  Oke kita cerita sedikit tentang kawasan fakultas tercinta yang menahan saya sampai enam tahun. -_____________-” Jujur aku aja ngak betah sih di kampus, hahahhaha.

Jadi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi ada empat jurusan yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Manajemen Dakwah (MD), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Sebelum diresmikan jadi Universitas Islam Negeri Ar-raniry tahun 2014 lalu, nama fakultas ini cuma Fakultas Dakwah. Jadi anak-anak komunikasi ini kesannya nyasar aja gitu di sini. but it’s just my opinion ok! don’t bash here. :p Gedungnya pun sharing sama Fakultas Adab. Tapi sekarang udah gedung sendiri, udah luas, udah banyak ruangan, udah banyak kegiatan, udah-udah lah pokoknya.

Balik lagi ke acara kelulusan alias yudisium. Dari empat jurusan yang paling banyak pesertanya ya KPI. Paling banyak angkatan 2008 alias angkatan udah mau-mau di usir dari kampus. peringkat kedua terbanyak angkatan 2010, angkatan 2011 cuma satu orang tapi dia kagak cumlaude, jadi ngak sirik-sirik banget sih akunya. hahahhaha :p Aku angkatan berapa? 2009 dong! Lulusan kali ini cuma lima orang. Dua dari konsentrasi komunikasi Abdul dan Sayed, tiga orang dari konsentrasi jurnalistik, Aku, Cahya, dan Ikbal.

Penuh perjuangan untuk bisa yudisium ini. Secara jadwal sidang mepet banget! Seminggu mau lebaran Idul Fitri dan H+4 belum ada satupun dosen yang datang ke kampus, apalagi pihak jurusan. Mana belum ada satupun jadwal sidang yang ditempel, dan Yudisium itu (awalnya) berlangsung tanggal 5 Agustus. Strees ngak? Banget!! Mana si Cahya dan Ikbal belum di ACC skripsinya untuk sidang. Hampir putus asa juga, karna ngak ada teman pas yudisium. Ngak bisa selfie deh. 😦

aku cahya ikbal

Tapi yang namanya berjuang belum berakhir sebelum mencapai titik penghabisan. Aku terus-terusan bilang sama Ikbal dan Cahya biar mereka ngebut nemuin pembimbing, revisi, dan daftar sidang. Hari-hari terakhir pendaftaran sidang, masih belum dapat persetujuan pembimbing. Gimana coba itu. 😦 Sedih banget kan liatnya. Aku dapat jadwal sidang hari kedua tanggal 28 Juli 2015, tapi masih di kampus sampai mereka dapat jadwal sidang. Ikbal sidang tanggal 3 Agustus, Cahya 31 Juli di hari terakhir pendaftaran yudisium.

Belum lagi syarat pendaftaran yudisium itu harus udah nyetak skripsi dan dapat semua tanda tangan. WOOOOOOOH!! pusing pala dek berbie! Berkat doa orang tua lah ya, akhirnya segala sesuatu bisa diselesaikan dengan baik. Aku bisa daftar yudisium walaupun belum cetak dan dapat tanda tangan dekan, Cahya dan Ikbal bisa yudisium karna pendaftaran diperpanjang akibat kuota ngak cukup. Thanks Allah,swt!

Advertisements

7 thoughts on “The Graduate!

  1. saya sudah trjun di masyarakat tentang agama. tpi kadang saya bingung bgaimna jalanya. jadi boleh dong sya minta pendapat atau mbak brbagi ilmunya. mbak kan juga sudah sarjana.

Terima kasih untuk komentar kamu. ☺♥

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s